Pembahasan Mengenai
2. Tujuan
dan Manfaat Bisnis Online?
3. Bagaimana cara membuat toko online ?
4. Macam macam dari toko online?
A.
PENGERTIAN TOKO ONLINE
Bisnis online adalah juga
sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis
online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan
menggunakan media internet. Bila saat ini teman-teman memiliki sesuatu yang
dapat dibisniskan dalam kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan besar
teman-teman dapat juga membuka bisnis tersebut di dunia maya. Misalnya
teman-teman memiliki usaha sablon kaos dan selama ini kaos tersebut dipajang di
outlet teman-teman di pinggir jalan, maka kemungkinan besar teman-teman dapat
mengembangkan usaha tersebut dengan membuka toko kaos sablon di dunia maya.
Bila demikian, maka teman sudah menjalankan yang namanya “bisnis online”. Pada dasarnya
konsumen mereka dapat membeli barang apa saja dari toko online. Berbagai produk
tersedia, mulai dari buku, pakaian, alat rumah tangga, mainan, perkakas,
software dan bahkan asuransi. Itu pun hanya merupakan sebagian kecil dari
ribuan produk yang dapat dibeli oleh konsumen melalui internet.
B. TUJUAN DAN MANFAAT BISNIS
ONLINE
1)
Tujuan :
a) Mendapatkan penghasilan :
Saat awal memulainya mungkin hanya berniat menjadikan bisnis online sebagai
sampingan. Tapi jika kita mau mengembangkan usaha kita untuk lebih banyak
variasi produk / barang maka ketika mulai menikmati hasilnya yang melimpah,
kita akan beralih menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Dan mungkin
mengundurkan diri dari pekerjaan offline kita.
b) Mendapatkan pengunjung : Besar pengunjung suatu situs web berbanding lurus dengan uang yang
anda dapatkan.
c) Membangun komunitas : Adanya
perkumpulan atau komunitas produk kita sangat penting. Karena dengan begitu,
mereka ikut menjadi motor penggerak kemajuan bisnis online kita. Semakin besar
komunitas online kita, otomatis semakin maju bisnis kita.
d) Berkomunikasi : Kita harus
mampu memastikan tampilan dan isi web kita dapat di mengerti dengan baik oleh
customer.Begitu juga cara bekomunikasi nya.
e) Mendapatkan Iklan : Kita
juga bisa mendapatkan penghasilan dari pengiklan.selain dari pembeli kita juga
bisa mendapatkan hasil dari para pengiklan.
2) Manfaat :
a) Menentukan suatu bisnis,
dalam artian segala bisnis yang ada bisa di kembangkan, asalkan tidak melanggar
aturan-aturan yang telah di tentukan. Karena bila hal itu dilanggar, bisa
mengakibatkan bisnis yang anda kelola di dampart oleh penyedia layanan akses
internet.
b) Jaringan dalam mengirim dan menerima
informasi sangat luas serta dalam bertransaksi pun juga mudah.Kita bisa
melakukan research di berbagai kota,provinsi dan negara-negara yang ada.
c) Peluang kita untuk menjadi
pembisnis online profesional pun bisa terealisasikan.Kita bisa menciptakan
usaha-usaha yang kita miliki,membuka jasa,dan bahkan kita dapat membuat
perusahaan bisnis online sendiri.
Bisnis Online Dalam SWOT
a) Strenghts ( kekuatan ) : Pasar Luas, Buka 24 jam, Karyawan Sedikit, Tidak Perlu Stok,
Berjalan Otomatis, Biaya Promosi Kecil, Dapat Dilakukan Oleh Siapapun, . Biaya
Sangat Murah, Bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, Skill
yang diperlukan sepenuhnya bisa dipelajari tidak masalah apapun latar belakang
anda,Potensi penghasilan sangat besar, kita bisa dibayar dalam dollar, Membuka
lapangan pekerjaan.
b) Weaknesses ( kelemahan ) : Ukuran/ Size yang tak sama ( for clothing), Keinginan Untuk
Memegang & Mencoba produk (minim untuk dapat menggunakan panca indera),
Resistensi Membeli Secara Online ( biasanya bagi orang awam yang belum pernah
bertransaksi secara online), Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna
Internet (Muda), Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit.
c) Opportunities (peluang) : Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis
ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi
orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja
diluar rumah.
d) Threats (ancaman) : Berbagai
bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk
bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang-orang
yang hanya iseng,jasa pengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain.[1]
C. CARA MEMBUAT TOKO ONLINE
a. Tentukan barang apa yang mau dijual
Ada jutaan
tipe toko e-commerce yang tersedia, dengan segala bentuk perbedaan dan
keunikannya. Termasuk dari mana sumber produk mereka, tipe produk yang
ditawarkan, dimana produk tersebut didapatkan hingga koleksi-koleksi mereka.
Dan, ada dua jens utama dari bisnis e-commerce yang bisa Anda jalankan, coba
kenali lebih jauh.
B2B (Business-to-Business)
Business-to-Bussiness
mengarah pada bentuk bisnis dimana satu bisnis menjual dan menawarkan produknya
pada bisnis lainnya. Ada kelebihan dan kelemahan antara menjual ke bisnis lain
lagi atau langsung menjual ke konsumen. Salah satu kelebihan menawarkan produk
ke bisnis lainnya adalah ukuran (size) dan pengulangan (repeat order) terhadap
pemesanan cenderung lebih banyak dan teratur (predictable), namun, bentuk
bisnis seperti ini memiliki peluang bisnis yang lebih kecil dibanding penjualan
langsung pada konsumen.
B2C
(Business-to-Consumer)
Bussiness-to-Consumer
berarti Anda menjual langsung kepada konsumen yang membutuhkan produk Anda. Ini
adalah model bisnis yang umum dan biasanya menjadi pertimbangan banyak orang
ketika memulai bisnis e-commerce.
Selain itu,
ada juga mode bisnis yang sangat jarang, yakni B2G (Bussiness-to-Government)
b. Jenis Produk Seperti Apa yang Ingin Anda Jual?
Setelah Anda
mengenali dua model bisnis yang ada, mari kenali juga lebih mendalam dan lihat
sekali lagi, jenis produk apa yang sebenarnya ingin Anda jual secara online:
1.
Barang/Produk
Fisik (Physical Goods)
Menjual
barang/produk fisik adalah salah satu ide produk yang paling banyak dipikirkan
orang ketika akan membuka toko
online, dan telah menjadi paling besar dari segala bentuk
penjualan produk di bisnis online. Meskipun barang/produk fisik adalah ide yang
paling populer untuk dijual, tapi hal tersebut juga memiliki sejumlah tantangan
seperti letak gudang penyimpanan, pengiriman, jaminan terhadap kerusakan,
hingga asuransi.
Contoh:
DodoCase menjual case iPad dan iPhone dengan menggunakan metode
bookbinding.
2.
Barang/Produk
Digital (Digital Goods)
Barang/Produk digital juga merupakan
salah satu tipe produk yang populer untuk dijual, karena tipe ini memiliki
sejumlah kelebihan, yakni tidak membutuhkan gudang penyimpanan hingga program
pengiriman yang biasanya Anda temukan pada tipe produk fisik. Barang/produk
digital bisa terdiri dari berbagai macam jenis, antara lain, musik, ebook,
video, images/gambar dan software/perangkat lunak. Kelemahan paling besar dalam
menjual tipe produk ini adalah resiko pembajakan. Tapi tak perlu khawatir,
karena produk digital bisa dijual berulang hingga ribuan kali, dan margin
mereka tetap digolongkan terbaik tanpa harus memusingkan manajemen pengiriman
dan penyimpanan barang.
Contoh: Themeforest banyak menjual themes blog
yang dibuat oleh developer.
3.
Pelayanan/Jasa
Ketiga, tipe/jenis produk yang
jarang dipilih dalam penjualan online adalah jasa/services. Jasa online bisa
dikategorikan dari layanan konsultasi, jasa mendesain situs dan
pengembangannya, layanan content writing/editing, dan berbagai pilihan
jasa/layanan lainnya. Menjual jasa/layanan secara online, bisa menjadi cara
terbaik dalam membangun kredibilitas, tapi kelemahannya ada pada keterbatasan
skalabilitas dan waktu.
Contoh:
Rajapindah.com adalah jasa yang membantu orang pindah rumah.
D. MACAM MACAM TOKO ONLINE
a.
lazada
Program affiliate yang saya ketahui adalah program
affiliate lazada. Saya rasa kalian sudah tidak asing lagi dengan Lazada, yaps
lazada adalah salah satu dari beberapa situs jual beli terbesar di indonesia,
banyak produk yang di jual oleh lazada, diantaranya adalah alat elektronik,
buku, smarthpone, perlengkapan rumah tangga, kosmetik, kecantikan dan lain
lain.
Nah tugas kita pada program affiliate lazada ini
adalah memasarkan produk produk tersebut, jika ada orang yang membeli produk
melalui banner iklan affiliate pada blog kita akan mendapatkan komisi 10% -15%
tergantung jenis produk yang kita pasarkan.[2]
b.
Toko bagus
Toko bagus adalah sebuah situs internet
yang membantu kita dalam menjual ataupun membeli berbagai macam barang secara online
. sehingga proses jual beli pun semakin praktis.[3]
E. KESIMPULAN
Setiap bisnis yang kita lakukan pasti memiliki resiko.Tetapi
resiko itu bisa siasati dengan berbisnis online.dengan bisnis online kita dapat
membuat resiko kecil tetapi tetap bisa menghasilkan income yang banyak.
Untuk newbie dengan modal kecil bisnis online ini bisa dijadikan
untuk pembelajaran dalam berbisnis.Belajar bagaimana berkomunikasi dan melayani
yang baik kepada konsumen.Tidak hanya uang yang didapat tetapi pengalaman yang
berharga untuk memperbaiki bisnis kita di masa yang akan datang.
Untuk yang sudah lama
bergelut dengan dunia bisnis online maka bisnis online nya bisa menjadi bisnis
yang menjanjikan dengan terus berusaha mengembangkan bisnisnya dengan menambah
variasi dan kualitas produk yang dijual.
Prospeknya sangat
bagus.Selamat mencoba !!!
Sumber






0 komentar:
Posting Komentar